VISI PROGRAM STUDI:
Menjadi pusat pendidikan dokter spesialis kulit dan kelamin bereputasi internasional, menghasilkan lulusan yang kompeten dan unggul di bidang dermatologi intervensi pada 2025.

DESKRIPSI VISI:

  • Pusat pendidikan dokter spesialis kulit dan kelamin bereputasi internasional merupakan wujud program didik dengan tata kelola produk, layanan, pendidikan dan publikasi riset terstandardisasi i
  • Mencetak lulusan yang kompeten merupakan janji program studi dermatovenereologi untuk selalu memberikan layanan pendidikan dan pengajaran dengan pengembangan kurikulum mengacu kepada standar kolegium dermatovenereologi Indonesia, dilengkapi dengan kompetensi pendukung untuk mencetak lulusan-lulusan unggul.
  • Unggul di bidang dermatologi intervensi merupakan kompetensi pendukung yang diberikan oleh program didik kepada peserta didik untuk meningkatkan daya saing lulusan.

MISI PROGRAM STUDI:
Menjalankan proses pendidikan berbasis kompetensi secara berkesinambungan dengan pelaksanaan sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan tata kelola PPDS ilmu kesehatan kulit dan kelamin secara good university governance agar selalu terakreditasi unggul nasional/internasional.
  • Menyelenggarakan pendidikan berdasarkan kurikuum kolegium ilmu kesehatan kulit dan kelamin dengan pengembangan di bidang dermatologi intervensi antara lain bedah kulit, rekayasa teknologi stem cell dan dermatologi kosmetik.
  • Menyelenggarakan penelitia di bidang ilmu kesehatan kulit dan kelamin baik secara kualitas maupun kuantitas yang hasilnya dapat diaplikasikan sehingga bermanfaat bagi masyarakat, institusi pendidikan maupun negara.
  • Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang keahlian dalam ilmu kesehatan kulit dan kelamin secara profesional dan berwawasan global.
  • Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dalam rangka pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

SEJARAH

Perintisan Program Pendidikan Dokter Spesialis Dermatovenereologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (PPDS DV FK UNS) dimulai tahun 2002. Bagian Dermatovenereologi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah (DV FK UGM) Mada dipilih sebagai bapak asuh setelah melalui berbagai pertimbangan dan PPDS SP-1 DV FK UNS mulai menerima peserta didik dari DV FK UGM pada Januari 2009. Sejak tahun 2013, PPDS DV FK UNS mendapatkan izin penerimaan peserta didik secara mandiri dan per Desember 2017 PPDS DV FK UNS diakreditasi oleh LAM-PT Kes dengan predikat nilai B (baik).

PPDS DV FK UNS diselenggarakan dengan izin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) melalui surat No.2318/E1.3/HK/2012 tertanggal 8 Nopember 2012 perihal Penyampaian Salinan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 368/E/O/2012 tanggal 7 Nopember 2012 tentang Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin (Sp.1) pada Universitas Sebelas Maret di Surakarta serta diperkuat dengan Keputusan Rektor Universitas Sebelas Maret No.762/UN27/PP/2013 tentang Penyelenggaraan Program Pendidikan Dokter Spesialis Program Studi Ilmu Kesehatan Kulit Dan Kelamin.

Struktur Organisasi

Staff

i. Staf pengajar (masing-masing halaman berisi foto staf dan detil keahlian)
1. Prof. Dr. dr. Harijono Kariosentono, Sp.KK(K)
2. Dr. dr. Indah Julianto, Sp.KK(K)
3. Dr. dr. Moerbono Mochtar, Sp.KK(K)
4. Dr. dr. Prasetyadi Mawardi, Sp.KK(K)
5. Dr. dr. Muhammad Eko Irawanto, Sp.KK(K)
6. Dr. dr. Nugrohoaji Dharmawan, M.Kes., Sp.KK(K)
7. Dr. dr. Arie Kusumawardani, Sp.KK(K)
8. dr. Endra Yustin Ellistasari, M.Sc., Sp.KK(K)
9. dr. Nurrachmat Mulianto, M.Sc., Sp.KK(K)
10. dr. Suci Widhiati, M.Sc., Sp.KK(K)
11. dr. Triasari Oktavriana, M.Sc., Sp.KK
12. dr. Ammarilis Murastami, Sp.KK
13. dr. Alamanda Murasmita, Sp.DV

ii. Supporting staf
1. Warih Wasito
1. Fredi Nugroho
2. Untari Widyastuti
3. Yennie Astuti

Kerjasama Intuisi

Arsip

Quick Links   >